MA’RIFATULLAH.
SEBELUM MENGENAL
TUHAN,KENALLAH DIRI.
MENGENAL DIRI :
Diri itu ada dua unsur.
1.
Diri jahir berupa jasad.
2.
Diri bathin berupa Ruh.
Dan diri itu dapat pula dibagi atas 3 unsur.
1.
Diri yang Hak. (diri yang sebenarnya)
2.
Diri terperi. (Muhammad)
3.
Diri terdiri. (Adam).
Dan Ruh itu ada tiga Martabat.
1.
Ruh idhofi (nafas yang keluar masuk)
2.
Ruh mukayyat (yang mengedari/yang ergerak keseluruh
tubh)
3.
Ruh mutlak (yang tetap pada tempatnya)
Dan Zat itu ada tiga Asma.
1.
ZAT illahiyah
2.
ZAT masbiyah
3.
ZAT addahiyah.
Dan diri jahir ada dua unsure bahagi pula.
1.
Jasad yang mengandung Ruh.
2.
Ruh yang mengandung Jasad.
Dan diri kita ini mengandung dua aspek.
1.
Diri yang bersifat ketuhanan (lahud)
2.
Diri yang mengandung kehambaan (nasud)
Dan dalam diri kita ini mengandung tiga Rahasia.
1.
Rasa yang Hak (rasa tuhan)
2.
Rasa Muhammad (Nur Muhammad)
3.
Rasa Adam (rasa yang tercela).
Dan didalam diri kita ini ada suatu perbendaharaan
yang tersembunyi : disitu ada mahligai. Didalam mahligai itu ada alat yang
halus , ada yang kasar. Kesemuanya itu adalah berupa amanah tuhan dan suatu
titipan Tuhan kepada hambanya. Amanah itu ialah suatu titipan Ruh dan itulah
yang wajib kita pelihara dan kita jaga kemurniaannya. Ruh inilah yang sanggup mengenal
Tuhannya. Dan yang sanggup melaksanakan sebagai khalifah didalam bumi ini.
Apakah alat yang halus dan kasar itu tadi?
Sekarang marilah kita uraikan satu persatunya.
Adapun diri kita ini ada dua unsur/macam.
Pertama diri
jahir berupa jasad. Batang tubuh dengan kelengkapannya seperti ;
kaki,tangan,mata hidung,mulut telinga,dan lainnya. Serta dalam tubuh ini ada
Ruh,hati,akal dan nafsu. Yang kesemuanya itu tergolong alam yang disebut alam
sagir (alam kecil).Yang kesemuanya itu terjadi dari unsur2 api,angin,air dan
tanah/bumi. Inilah yang disebut laksana kuda tunggangan yang menjadialat nbagi
hakikat Roh itulah sebagai penunggangnya.
Kedua diri bathin yang berujud qalbu atau Ruh.
Bukannya ber-ujud benda dalam tubuh, dan dia tidak akan binasa untuk selamanya.
Dialah yang sanggup memerintah jasad, dialah yang mampu mengenal Allah. Dialah
Raja kuasa. Ruh itu raja kuasa dan sanggup mengenal Allah. Apakah sebabnya dikatakan raja kuasa?
Sebabnya ialah kerena ruh ituu adalah yang menjadi tempat majhor kenyataan terang benderangnya
sifat-sifat Allah. Ruh Muhammad
itulah/adalah dari NUR menyata. Itulah yang dikatakan cahaya yang cerlang
cemerlang yang tiada harapan : Tuhan bertajali kepadanya. Sedabg sifat sifat
Allah itu ada pada ZATnya. Maka apabila kita mendakwa kepada Ruh, maka haruslah
ditembuskan pandangan kita kepada Sifat dan Zat Allah.supaya tidak terdinding
lagi kepada Allah.
Kalau kita terhenti kepada ruh itu saja, tidak kita
teruskan kepada Allah, maka kita terdinding kepada Allah. Kalau masih betah berdiam
kepada Muhammad, ber-arti belum kembali atau belum pulang landas
kepangkalannya. Kalau sudah pernah tinggal landas inilah yang dikatakan orang
yang bergembira setiap saat. Sedangkan Rasulullah sendiri sebagai asal usul
segala kejadian,toh beliau pulang kembali kepangkalannya,apalagi kita ini.
No comments:
Post a Comment