SEDULUR PAPAT LIMO PANCER DAN EGO STATE
Dari khasanah Nusantara, hampir semua orang Indonesia mengenal tentang istilah ‘saudara empat (sedulur papat), dan lima pusatnya (limo pancer), namun belum semua orang memahami apa yang mau disampaikan dengan filosofi ‘sedulur papat limo pancer’ tersebut.
Hampir kebanyakan orang yang begitu mendengar
istilah tersebut langsung berkonotasi bahwa ‘sedulur papat limo pancer’
adalah hal mistik yang bersifat ghaib, yaitu makhluk-makhluk halus atau
astral yang menjaga setiap manusia.
Dari judul yang saya tulis, ada dua hal yang akan kita pahami, yaitu ‘sedulur papat limo pancer’ dan ego state. Apakah arti dari masing-masing istilah tersebut, dan apa hubungannya?
Saya akan menulis terlebih dahulu tentang Ego
State. Jadi kemungkinan setelah membaca bagian ini anda akan langsung
memahami tentang filosofi ‘sedulur papat limo pancer’ tanpa anda membaca
bagian tersebut
Eric Berne adalah ahli psikologi yang pertama
kali mempelopori teori analisis transaksional. Ego States, kata “ego”
berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “saya” dan secara harfiah
berarti “diri sendiri”. Kata “state” secara harfiah berarti “bagian”
atau ”instansi”. Ego state yang dimaksud oleh Berne adalah instansi-instansi dari suatu kepribadian atau identitas suatu individu.
Berne juga menjelaskan bahwa ego state merupakan kepribadian manusia
yang dibangun oleh pola-pola perasaan dan pengalaman yang terkait
langsung dengan perilakunya.
Saya tidak membahas secara rinci tentang
bagaimana sejarah Ego State mulai dipublikasikan dan kemudian bagaimana
pula awal mulanya muncul Ego States Therapy. Nanti kita akan memahami Ego States Therapy dalam bagian ‘sedulur papat limo pancer’.
Yang penting adalah sekarang kita memahami istilah Ego State, Ego State sebenarnya adalah bagian dari diri kita yang aktif atau mengendalikan diri kita pada suatu saat tertentu.
Cotoh sederhana adalah perbincangan kita
dengan bagian diri kita pada waktu tertentu. Pada saat kita akan akan
memutuskan sesuatu. Mari kita ingat kondisi saat kita mau bangun tidur.
Ada bagian diri yang berkata, “sebentar ah, sepuluh menit lagi. Kan nggak telat” , namun ada juga bagian diri yang bilang, “ayo semangat dong! Buang rasa malas!” atau ada juga yang berkata, “Sekali-kali nggak masuk kerja nggak apa-apa kan? Absenku kan jarang, hal ini nggak mempengaruhi kondite keja kok”
Itulah Ego state! Ada banyak bagian diri kita yang aktif yang akan mengendalikan kita pada suatu saat tertentu.
Dalam Ego States Therapy setiap bagian diri tersebut dapat diajak untuk bicara, diarahkan, dan diberi tugas secara tepat.
Nah, sampai disini tentu saja semakin terbuka dan jelas, apa filosofi dari ‘sedulur papat limo pancer’
Saya mengambil rujukan tentang ‘sedulur papat limo pancer’ ini dari Serat Kidungan Purwojati, yang ditulis sebagai berikut: ‘Ana
kidung ing kadang Marmati, Amung tuwuh ing kuwasanira, Nganakaken
saciptane Kakang Kawah puniku Kang rumeksa ing awak mami, Anekakake
sedya Ing kuwasanipun, Adhi Ari-Ari ingkang Memayungi laku kuwasanireki
Angenakken pangarah, Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangi ulah kang
kuwasa Andadekaken karsane, Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mami,
Nuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun, papat Kalimane
wus dadi pancer sawiji Tunggal sawujud ingwang. ‘
Dalam filosofi Jawa setiap kelahiran manusia akan disertai saudara yang mengiringinya, yaitu empat saudara: kakang kawah (air ketuban), adi ari-ari (plasenta), getih (darah) dan puser (tali plasenta). Sedangkan yang kelima pancernya adalah diri manusianya itu sendiri.
Empat
saudara ini diyakini hidup dan selalu menyertai manusia. Empat saudara
ini adalah bagian dari diri kita yang aktif atau mengendalikan diri kita
pada suatu saat tertentu (ingat definisi dari Ego State di atas)
Dalam
kelompok-kelompok kebatinan jawa, seseorang harus dikenalkan dahulu
terhadap saudaranya ini. Dengan satu upacara tertentu (upacara ini menggiring seseorang masuk dalam trance) dengan menggunakan mantra tertentu (self talk).
Kemudian seseorang baru bisa bercakap-cakap dengan saudara empat
tersebut. Dalam percakapan dengan saudara empat tersebut, sang saudara
bisa diberi tugas yang tepat dan berguna, bahkan bisa untuk
menghilangkan sifat-sifat jelek, ataupun untuk menghilangkan ingatan
masalah tentang masa lalu (bentuk dari Ego State Therapy)
Dalam setiap tindakan, ke empat saudara ini saling berbincang, bersahut-sahutan dan mempengaruhi sang diri (pancer).
Untuk itu, dalam filosofi Jawa kita harus berkenalan dengan saudara
empat tersebut supaya kita bisa mengarahkan dan bahkan memberdayakan
untuk memberikan tugas-tugas yang tepat dengan fungsinya.
Contohnya,
Seseorang
yang setiap harinya selalu malas dan menunda-nunda pekerjaan sehingga
ia lambat sekali untuk maju. Kemudian ia dikenalkan dengan saudara
empatnya, mengajak berbincang-bincang dan mencari tahu siapa saudaranya
yang mengajak untuk malas tersebut. Kemudian ia juga mencari saudara
yang mengajak untuk semangat dan memerintahkan saudaranya yang semangat
untuk memberitahu saudara yang mengajak malas agar tidak mempengaruhi
sang pancer.
Pengenalan
terhadap saudara empat ini dalam tradisi kebatinan Jawa harus melalui
sebuah ritual dan menggunakan mantra tertentu. Ritual yang dilakukan
berkaitan dengan apa yang diyakini oleh masyarakat, karena lewat apa
yang diyakini tersebut seseorang akan mudah masuk dalam kondisi
‘trance’. Mantra yang digunakan juga menggunakan bahasa yang dipahami
oleh orang tersebut yang berguna sebagai ‘self talk’.
Dalam kondisi ‘trance’ tersebut, seseorang akan dengan mudah berbicara dengan bagian dari dirinya (Ego State) dan mantra yang digunakan adalah sebagai sarana untuk self talk atau bicara dengan bagian diri tersebut.
Sekarang
kita akan mengenal sifat-sifat dasar dari saudara empat tersebut
sehingga saat kita berkomunikasi kita dapat memberikan tugas yang tepat
sesuai spesialisasinya.
Yang pertama adalah kakang kawah (air ketuban),
Ini
adalah ‘pasemon’ atau penggambaran dari sifat dasar bumi, atau insting
dasar manusia. Ada sifat ingin makan, minum, seks, pencapaian kenyamanan
dan keinginan manusia. Ego State Kakang Kawah adalah bagian yang mewakili sifat-sifat dasar manusia.
Yang kedua adalah adi ari-ari (plasenta),
Ini
adalah ‘pasemon’ atau penggambaran dari sifat keinginan duniawi untuk
dipuji, untuk kaya, mendapat derajad dan pangkat, loba, tamak, dan
lainnya. Nafsu ini selaras dengan sifat udara yang menjadi unsur
pembentuk jasad. Sifat dari udara adalah selalu ingin memenuhi ruang
selagi ruang itu ada (ruang kosong).
Yang ketiga adalah getih (darah) ,
Ini
adalah ‘pasemon’ atau penggambaran dari sifat keinginan untuk
mempertahankan harga diri, rasa marah, emosi, ambisi, pencapaian
keinginan. Ingin kaya, berlimpah, dan mendapatkan materi lebih banyak
ada dalam bagian Ego ini.
Yang keempat adalah puser (tali plasenta).
Ini
adalah ‘pasemon’ atau penggambaran dari sifat yang mengajak kepada
kebaikan. Hal-hal yang menuju kepada kemajuan, kebaikan, manfaat bagi
orang lain, dan tidak mementingkan diri sendiri.
Sedangkan yang kelima pancernya adalah diri manusianya
Sekarang,
setelah kita mengetahui makna dari masing-masing saudara empat
tersebut, maka kita menyadari bahwa saudara empat adalah penggambaran
dari Ego State, atau bagian dari Ego, bagian dari diri kita yang aktif
atau mengendalikan diri kita pada suatu saat tertentu.
Untuk
berkomunikasi dengan saudara empat tersebut, yang sebenarnya adalah
komunkasi terhadap Ego State kita, tidak diperlukan upacara khusus dan
bahasa khusus. Komunitas Kebatinan Jawa menggunakan upacaya khusus
adalah dengan keyakinannya bahwa hal tersebut dapat menghantarkan
seseorang masuk dalam kondisi ‘tance’, dan mantra yang digunakan
menggunakan bahasa jawa adalah karena bahasa itulah yang dipahaminya
untuk sebuah ‘self talk’.
Anda
dan siapapun juga, dapat berkomunikasi dengan saudara empat tersebut
dengan cara apa yang anda yakini dan dengan bahasa yang sangat anda
mengerti.
Bahkan
ketika keyakinan anda mengatakan bahwa tidak percaya dengan saudara
empat, ya jangan menggunakan persepsi akan berbicara dengan saudara
empat. Namun anda dapat menggunakan persepsi bahwa anda sedang berbicara
dengan Ego State anda. Anda dapat mengganti istilah saudara empat ini
dengan apa saja sesuai dengan kayakinan anda. Yang penting anda “menyadari bahwa ada bagian dari diri kita yang aktif atau mengendalikan diri kita pada suatu saat tertentu”.
Sekarang
kita mengetahui bahwa ajaran Luhur Nusantara sudah memahami tentang
bagian diri manusia yang punya peran dan fungsi tersendiri, jauh sebelum
para peneliti menemukan tentang apa yang mereka rumuskan dengan Ego
State ini.
Kita di Nusantara punya Serat Kidungan Purwojati, dan
ini jauh sebelum para nama-nama ini: Maggie Phillips, Clare Frederick,
Shirley McNeal, Moshe Torem, Waltermade Hartman, Gordon Emmerson,
Hunter, George Fraser, dan Michael Gainer, mengemukakan Ego State.
Orang
‘barat’ dulu menganggap hal yang aneh dan tidak mungkin (sebelum Ego
State diumumkan oleh mereka) bahwa manusia kok berbicara terhadap
dirinya sendiri dan memerintah bagian dirinya untuk melakukan sebuah
tugas. Hanya orang gila yang berbicara dengan dirinya dan mengganggap
diri punya saudara atau bagian dirinya.
Namun dari Serat Kidungan Purwojati
kita menyadari bahwa para Resi Nusantara telah memahami bahwa ada
bagian dari diri manusia yang hidup dan berkembang sejalan dengan
perkembangan diri manusia itu sendiri. Para Resi Nusantara telah
menuntun kita sejak jaman dahulu bahwa sedulur papat tersebut dapat
diajak berkomunikasi untuk diarahkan dan diberi tugas yang tepat sesuai
keadaan yang dialami oleh sang diri. Bahkan sedulur tersebut dapat
menyelesaikan masalah kesehatan, trauma, dan sesuatu yang dihadapi
tentang masalah-masalah pikiran.
No comments:
Post a Comment